Sambut HUT Bhayangkara Ke-76, Polres Malang Bersihkan Monumen Tugu Brimob

Shofy Maulidya Fatihah
Menjelang Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-76, Polres Malang bersihkan Monumen Tugu Brimob yang bertempat di Desa Putat Kidul, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang
Menjelang Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-76, Polres Malang bersihkan Monumen Tugu Brimob yang bertempat di Desa Putat Kidul, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang

Wartacakrawala.com – Menjelang Hari Ulang Tahun Bhayangkara Ke-76, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat menggiatkan Bakti Religi dalam rangka merawat dan menjaga kebersihan monumen bersejarah bagi Kepolisian, yakni Monumen Tugu Brimob yang bertempat di Desa Putat Kidul, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sabtu (25/06/2022) Pagi.

Hadir dalam giat tersebut Waka Polres Malang Kompol Rizky Tri Putra, Kabag Sumda Polres Malang Kompol Sueb, Kapolsek Gondanglegi Kompol Pudjiono dan Anggota Polres Malang lainnya yang ikut menyemarakkan kegiatan ini.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara yang telah disiapkan Polres Malang untuk menyambut HUT hari bersejarah di Kepolisian.

Baca juga: Sambut HUT Bhayangkara Ke 76, Kapolres Malang Gelar Do’a Bersama dan Santunan Anak Yatim

Monumen Tugu Brimob tersebut merupakan saksi sejarah perjuangan Brigade Mobile dalam melawan penjajah yang ada di kawasan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Pada kegiatan tersebut, nampak para Anggota Polres Malang begitu teliti untuk membersihkan monumen tersebut termasuk disekitarnya.

Tak hanya membersihkan, namun Waka Polres Malang juga melakukan pengecatan ulang pada tembok-tembok maupun pagar pelindung monumen tersebut agar warnanya nampak terlihat lebih baik lagi.

Diketahui, monumen tersebut dalam prasastinya bertuliskan;

Baca juga: Sambut HUT Bhayangkara ke 76, Polda Jatim Gelar Bakti Sosial

MONUMEN
Pasukan Mobile Brigade (Mob-Brig) Polisi Keresidenan Gondanglegi semasa Perang Kemerdekaan II, 19 Desember 1948-27 Desember 1949.

Diresmikan pada tanggal 23 Juni 1996
oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Drs. H. Sumarsono, SH., MBA. Mayor Jendral Polisi

Melihat pesan tersebut, tentunya sangat menyimpan kenangan bersejarah yang sangat penting bagi Kepolisian, Adapun pada prasasti berikutnya bertuliskan;

KENANGAN
Pasukan Mobile Brigade Polisi Keresidenan Malang Bersama Rakyat dari tanggal 04 Januari 1949 s/d 07 Januari 1949 telah berhasil menghalau musuh (Belanda) yang menduduki Gondanglegi.

Polres Malang dalam menjaga monumen bersejarah ini juga mengimbau kepada seluruh Anggota Kepolisian baik Polres Malang maupun masyarakat sekitar untuk turut serta menjaga dan merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Waka Polres Malang Kompol Rizky Tri Putra melepas keberangkatan dan memberi motivasi kepada Atlet Bola Voli Putri Kabupaten Malang

Berjuang di Porprov Jatim, Polres Malang Beri Motivasi Atlet Bola Voli Putri Kabupaten Malang

Next Post
Kabupaten Malang menerima jatah vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan ternak sejumlah 57.500 dosis.

Kabar Gembira, 57.500 Dosis Vaksin PMK Siap Didistribusikan di Kabupaten Malang

Related Posts