Komandan Wing 2 Abdul Rachman Saleh Jadi Inspektur Upacara di Ponpes An Nur 2 Al Murtadho

Avatar
Potret pelaksanaan peringatan HUT RI Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadho / Ramlin
Potret pelaksanaan peringatan HUT RI Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadho / Ramlin

Wartacakrawala.com – Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadho gelar upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.  Sebanyak  2 ribu orang yang terdiri dari tenaga pengajar, mahasantri, siswa SMP An Nur dan siswa SMA An Nur ikut menjadi saksi pengibaran sang saka merah putih.  Komandan Wing 2 Lanud Abdul Rachman Saleh, Kolonel Pnb Erwin Sugiandi didaulat menjadi inspektur upacara, Rabu (17/8/2022).

Dalam amanatnya, Kolonel Pnb Erwin Sugiandi mengutip sambutan Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi bahwa perjuangan menggapai kemerdekaan memang telah tercapai sejak 77 tahun yang lalu namun bukan berarti kita berhenti berjuang, kita justru harus bergerak dan terus melangkah seperti semangat pada slogan peringatan kemerdekaan tahun ini “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Semangat tersebut saat ini sedang kita buktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022, dengan peran besar Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan,” terangnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, melalui Kemendikbudristek, Inodnesia telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran kita sekarang yang mana makin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.

“Selain memperkuat bidang pendidikan, sektor  kebudayaan juga menjadi salah satu perhatian Kemendikbudristek. Kemendikbudristek berupaya dalam forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya, khususnya di masa pascapandemi. Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang kami luncurkan dan telah memberi banyak manfaat bagi para penggerak budaya kita,” tambahnya.

Baca juga: Peringati HUT RI Ke 77, Kapolres Malang Dorong Terwujudnya Pemulihan Ekonomi Nasional

Terakhir, hal-hal yang telah disebutkan hanyalah sebagian kecil dari terobosan Merdeka belajar yang sekarang sudah mencapai 21 episode. “Masih banyak lagi episode merdeka belajar yang belum diluncurkan sampai semua anak seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya yaitu belajar bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai pelajar pancasila, harap Mendikbudristek,” tutupnya.

Upacara peringatan HUT RI yang ke 77 berlangsung meriah dan lancar di Pondok Pesantren An Nur 2 Al Murtadho. Sebelum acara di mulai, sebanyak 17 paramotor dari TNI AU terbang menghiasi langit An Nur 2 Bululawang dengan ragam aksi.

Selain itu, ada tiga tim yang berperan dalam mensukseskan upacara kali ini, yakni, Tim Marching Band An Nur 2, Tim Basis Santri Paskibraka (Baspara) SMA An Nur dan Osis SMA An Nur. 

Salah satu petugas upacara, Muhammad Raffa Arrahman yang bertugas sebagai Komandan Upacara, mengungkapkan perasaan bahagianya. Menurutnya, tekanan dan tantangan pada upacara sebesar ini adalah menghadapi audiensnya. Banyak orang penting yang hadir seperti pengasuh dan pejabat-pejabat yang di undang.

“Bukanya takut, hal tersebut justru kami ubah menjadi motivasi untuk tampilkan yang terbaik,” tegas siswa kelas Idaman SMA An Nur tersebut.

Pewarta: M. Ramlin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat (tengah) dalam peringatan HUT RI ke 77

Peringati HUT RI Ke 77, Kapolres Malang Dorong Terwujudnya Pemulihan Ekonomi Nasional

Next Post
Koran online edisi Rabu 17 Agustus 2022

Koran Online: Refleksi Hari Kemerdekaan, Momentum untuk Bersyukur

Related Posts