Tuangkan Kreativitas, LEPPIM UPI Purwakarta Gelar Pelatihan Poster Ilmiah

Shofy Maulidya Fatihah
Pelatihan poster ilmiah oleh LEPPIM UPI Purwakarta / Ist
Pelatihan poster ilmiah oleh LEPPIM UPI Purwakarta / Ist

Wartacakrawala.com – Perkembangan teknologi yang berkembang pesat menuntut mahasiswa untuk dapat menuangkan ide kreatif, inovatif dan wawasan yang luas. Menulis karya ilmiah adalah salah satu wadah dalam menuangkan ide kreativitas mahasiswa dalam menyalurkan ide atau gagasan.

Isi karya tulis juga dapat dituangkan memalui media visual poster. Media poster dapat digunakan sebagai media dalam melakukan publikasi untuk menyampaikan informasi terkait karya tulis kepada kalayak umum.

LEPPIM UPI Purwakarta, yang dinahkodai Dwi Wahyu Riani, malaksankan kegiatan pelatihan poster ilmiah diadakan secara daring menggunakan platform zoom meeting yang diikuti oleh 15 peserta dari kalangan universitas pendidikan indonesia (UPI) Kampus Purwakarta, Senin (16/08/2022).

Baca juga: Pemprov Jateng Optimalkan Pertanian Sorgum di Wonogiri

Peserta yang mendaftar sebanyak 20 orang sehingga sebanyak lima orang peserta tidak hadir. Kegiatan pelatihan canva ini dimulai dengan pembukaan oleh moderator serta penjelasan singkat mengenai mekanisme kegiatan pelatihan poster ilmiah yang berlangsung dari awal hingga akhir. Seta pembacaan CV pemateri.

Pada Pelatihan poster ilmiah dengan canva pematrian oleh Agus Puji Prasetyo best poster dan lomba Essai Nasional. Beliau ini merupakan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta angkatan 2019 mengampu program studi Pendidikan Sistem Teknologi Informasi.

Pelatihan poster ilmiah ini bertujuan dalam memberikan edukasi kepada mahasiswa dalam menuangkan ide kreatif, inovatif dan memiliki wawasan dengan menuangkannya melalui tulis karya tulis ilmiah. Dengan menulis dapat meningkatkan produktivitas, penalaran, dan argumentasi dalam menuangkan ide kreatif.

Awal penyampaian materi narasumber memberikan ilustrasi dua orang yang melihat papan tulis yang berikan rumus yang kemudian mengaitkannya dengan definisi poster ilmiah.

“Poster ilmiah merupakan suatu media yang dibuatkan dengan tujuan mengomisikan hasil penelitian secara visual kepada orang lain,” ujar narasumber Agus Puji Prasetyo.

Baca juga: HUT Lantas Bhayangkara, Ditlantas Polda Jatim Launching Inovasi Monitoring Tracking Checklist

Kemudian narasumber menjelaskan format standar poster yang harus memiliki poin penting seperti judul dan penulis, abstrak, pendahuluan, tujuan, metode penelitian, hasil atau data, diskusi, kesimpulan dan daftar pustaka.

Dalam pembuatan poster ilmiah perlu memperhatikan beberapa kriteria agar poster menjadi tertarik, terstruktur, dan memberikan manfaat bagi pembaca.

Narasumber menjelaskan Panduan membuat poster ilmiah “ketika membuat poster ilmiah perlu memperhatikan ukuran dan layout yang sesuai, siapakah software pendukung, judul poster dibuat dengan ukuran besar, meletakan nama penulis dan alamat instansi di bawah judul, menentukan alur baca apakah akan menggunakan top to bottom atau left to right, kesimpulan dapat disimpan pada awal dan akhir bacaan,” ujar narasumber Agus Puji Prasetyo.

Narasumber mempraktek secara langsung melalui ruang virtual zoom menggunakan canva dalam pembuatan poster ilmiah. Pada canva terdapat terdapat banyak template untuk pembuatan poster yang mempermudah dalam pembuatan poster ilmiah. Narasumber memberikan contoh kepada peserta dalam pembuatan poster ilmiah pada canva dengan ukuran tegak 42×59,4 cm.

Total
0
Shares
0 Share
0 Tweet
0 Pin it
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Petani Sorgum Wonogiri Jawa Tengah / dok. Pemprov Jateng

Pemprov Jateng Optimalkan Pertanian Sorgum di Wonogiri

Next Post
Menko Polhukam Mahfud MD/Medcom.id/Kautsar

Soal Tudingan SBY, Mahfud MD: Pemilu Pasti Diwarnai Kecurangan

Related Posts
Total
0
Share