Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ikut Serta dalam Kegiatan Posyandu

Luluk Mukarromah
Mahasiswa KKN UIN Walisongo ikut serta dalam kegiatan posyandu di desa lengkong tepatnya di posyandu Mawar

Wartacakrawala.com – Mahasiswa KKN UIN Walisongo ikut serta dalam kegiatan posyandu di desa lengkong tepatnya di posyandu Mawar. Kegiatan tersebut dilakukan pada 12 oktober 2020.

Posyandu ( Pusat Pelayanan Terpadu ) merupakan salah satu kegiatan rutinan yang dilaksanakan 4 kali dalam 1 bulan dengan posko yang berbeda-beda dalam satu desa.

Kegiatan yang dilakukan di posyandu biasanya yaitu menimbang berat badan balita, imunisasi, mengukur tinggi badan dan pemberian makanan tambahan kepada balita dan ibu hamil berupa bubur kacang ijo. Ditengah pandemi seperti ini, posyandu di desa lengkong tetap berjalan namun tidak seperti biasanya posyandu hanya dibuka untuk balita saja tidak untuk ibu hamil dan lansia.

Pelaksanaan posyandu di desa lengkong juga berbeda, setiap ibu yang akan menimbangkan anaknya diwajibkan membawa kain masing-masing. Alasan diwajibkannya membawa kain bagi ibu-ibu yang akan menimbangkan anaknya yaitu untuk menghindari penularan virus.

Hal ini dikatakn juga oleh ibu mukhosidah “Untuk mencegah penularan virus corona ini, kami menghimbau kepada ibu-ibu untuk membawa kain masing-masing dalam pelaksanaan posyandu ini serta kami juga menghimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan posyandu setiap posko menyediakan air untuk cuci tangan pengunjung posyandu serta disisi lain, hal tersebut juga merupakan salah satu pola hidup sehat yang penting untuk diterapkan setiap hari apalagi ditengah pandemi. Pada posyandu ini, mahasiswa KKN UIN Walisongo ikut serta membantu menimbang balita, mengukur tinggi badan, dan memberikan makanan tambahan.

Disamping itu, mahasiswa KKN UIN Walisongo Juga memberikan Kenang-kenangan untuk posyandu tersebut yaitu berupa kain untuk menimbang sebagai tanda terima kasih kepada karena telah memberi kesempatan kepada Mahasiswa untuk ikut serta dalam kegiatan posyandu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Mahasiswa UIN Walisongo Edukasi Warga Melalui Pembagian Masker

Next Post

Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi pada Anak

Related Posts