Budaya Literasi “Anoman Obong”: Projek Kepemimpinan Mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia UNEJ

Shofy Maulidya Fatihah
Mahasiwa PPG UNEJ bersama Komunitas USK
Mahasiwa PPG UNEJ bersama Komunitas USK

Wartacakrawala.com – Komunitas Untukmu Si Kecil (USK) yang terletak di Jalan Sumatra 6, Sumbersari, Jember merupakan sebuah rumah baca dan bermain bagi anak-anak yang tinggal di sekitaran Kali Bedadung. Dalam upaya realisasi Program Merdeka Belajar dan Tridharma Perguruan Tinggi, mahasiswa PPG Prajabatan Bahasa Indonesia Universitas Jember Gelombang 2 tahun 2023 turut mengambil peran aktif di komunitas USK. Upaya tersebut direalisasikan melalui beberapa program literasi, salah satunya pertunjukan Sendratari “Anoman Obong”

Pertunjukan Sendratari “Anoman Obong” ini dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024, bertempat di halaman komunitas USK. Selain berfokus pada pesan yang terdapat dalam cerita, mahasiswa PPG juga berfokus pada pengembangan keterampilan menari anak-anak. Mahasiswa PPG berharap pertunjukan Sendratari dapat melatih olah tubuh, rasa, dan vokal anak-anak USK.

Melalui modifikasi beberapa gerakan, anak-anak komunitas USK dapat memperagakan setiap gerakan dengan lebih mudah dan luwes. Mahasiswa PPG memastikan anak-anak dapat melakukan pertunjukan Sendratari dengan senang tanpa rasa takut. Lebih lanjut, pertunjukan Sendratari “Anoman Obong” mampu mengundang antusiasme dari orang tua anak-anak komunitas USK dan warga yang bertempat tinggal di lingkungan sekitar USK.

Pengurus komunitas Untukmu Si Kecil, yaitu Ibu Melati dan Ibu Azizah menyampaikan rasa terima kasih atas program pertunjukan Sendratari “Anoman Obong” yang dilaksanakan oleh mahasiswa PPG. Lebih lanjut, mahasiswa PPG dalam hal ini dapat membuktikan bahwa kolaborasi antara dunia pendidikan dan komunitas masyarakat mampu menghasilkan dampak positif.

Pertunjukan Sendratari “Anoman Obong” mampu menggali dan mengembangkan potensi dalam diri anak-anak komunitas USK. Melalui program ini, diharapkan semakin banyak inspirasi kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif yang dapat direalisasikan oleh mahasiswa dan masyarakat pada komunitas USK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Pengurus DPC PKB Kota Malang ketika mendatangi Polres Malang untuk melaporkan Lukman Edy terkait dugaan pencemaran nama baik. (Foto : Muliadi/Wartacakrawala.com)

DPC PKB Kota Malang Resmi Adukan Lukman Edy ke Polisi Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

Next Post
Pmm umm

Mahasiswa PMM UMM Buat Minuman Herbal Bunga Telang di Desa Jimbaran

Related Posts