Mahasiswa Untag Sosialisasikan PHBS Kepada Masyarakat

Shofy Maulidya Fatihah
Mahasiswa KKN Untag saat mensosialisasikan PHBS

Wartacakrawala.com – Pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia memberikan dampak negatif bagi seluruh aspek kehidupan, terutama dalam bidang pendidikan dan perekonomian masyarakat. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Timur saat ini ikut berpartisipasi dalam pencegahan dan penaggulangan dampak covid-19.

Salah satu partisipasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dalam pencegahan dan penaggulangan dampak covid-19 yaitu melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merupakan program yang wajib bagi mahasiwa tingkat akhir sebagai syarat kelulusan studi S1. Pada masa pandemi saat ini, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menurunkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan cara yang berbeda ditahun ini, yaitu secara individu di daerah masing-masing.

Baca juga: Mahasiswa KKN Untag Hadirkan Alternatif Bimbingan Belajar Ngaji di Tengah Pandemi

Kurniawati (21), salah satu mahasiswa semester 7 program studi Akuntansi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengikuti kegiatan KKN dengan Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL) Bapak Dr. Arga Christian Sitohang, SE,MM. Melakukan KKN di daerah tempat tinggal yaitu Dusun Gendungan Desa Batioh RT000/RW000 Kec. Banyuates Kab. Sampang.

Mahasiwa UNTAG tersebut berupaya melakukuan program edukasi ketaatan protokol kesehatan, dengan cara memberikan praktik mencuci tangan yang benar kepada masyarakat hingga sosialisasi protokol kesehatan. Selain itu juga mahasiwa UNTAG Surabaya juga memberikan edukasi pembuatan produk kesehatan berupa hand sanitizer kepada masyarakat.

“Saya sekarang kalaw kemana-mana sering memakai masker, dan saya pun juga bisa membuat hand sanitizer sendiri dirumah setelah ada sosialisasi pembuatan hand sanitizer yang mudah,” ujar salah satu warga di dusun Gendungan Desa Batioh.

Baca juga: Lakukan KKN, Mahasiswa Untag Bantu Kembangkan UMKM di Era New Normal

Walaupun kondisi saat ini tidak memungkin kan mahasiwa melakukan kegiatan KKN, namun tidak menghentikan mahasiwa melaksanakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.dengan adanya kegiatan KKN Masyarakat dapat merasakan dampak positif dari mahasiswa serta dapat meningkatkan upaya pencegahan covid-19.

“Alahmdulillah sekarang mahasiwa sudah bisa amemberikan sosialisas dalam masa pandemi ini dan mengingatkan kembali bagaimana pentingnya menjaga kesehatan pada masa ini,” ujar bapak Kepala Desa Batioh.

Program kerja ini dapat dilaksanakan dengan bantuan dan kerja sama dari kepala desa Desa Batioh Kec. Banyuates Kab. Sampang serta bimbingan dari DPL Bapak Dr. Arga Christian Sitohang, SE, MM. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Tingkatkan Literasi Ditengah Pandemi, Mahasiswa Untag Buat Teras Baca

Next Post

Manfaatkan Limbah Plastik, Mahasiswa Untag Tingkatkan Kreatifitas Ibu PKK

Related Posts