Mahasiswa KKN UNTAG Surabaya Lakukan Pendampingan Belajar

Avatar
Salah satu mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAG Surabaya bernama Moch. Aldiansyah Arifin melakukan pendampingan belajar

Wartacakrawala.com – Virus COVID – 19 yang saat ini menyerang dunia termasuk Indonesia telah berdampak pada semua aspek salah satunya yaitu dari segi pendidikan. Akibat pandemi Covid-19 ini semua aktivitas di sekolah termasuk kegiatan pembelajaran menjadi terhambat sehingga para siswa dari jenjang taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi harus melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online.

Meskipun demikian, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tetap melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat demi melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga. Akibat adanya pandemi Covid-19 kegiatan ini dilaksanakan secara individu di lingkungan masing-masing mahasiswa UNTAG Surabaya.

Salah satu mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNTAG Surabaya bernama Moch. Aldiansyah Arifin dimentori oleh dosen pembimbing lapangan Bapak Drs. Achmad Maqsudi, M.Si.,Ak,CA.. melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata dengan melakukan pendampingan belajar kepada para siswa Sekolah di Bratang wetan 1, RT.003, RW. 008, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

Baca juga: Kreatif, Mahasiswa Untag Manfaatkan Daun Mangga sebagai Minuman Sehat

“Sebagai mahasiswa terutama rakyat Indonesia, saya merasa sangat sedih dengan adanya pandemi COVID-19 ini. Hampir seluruh aktivitas harus terhenti ditahun 2020 ini, apalagi aktivitas belajar mengajar yang lumpuh total. Maka dari itu saya memasukkan program kerja mengajar siswa ssekolah dalam kegiatan KKN saya. Yang saya harapkan disini adalah kegiatan KKN saya bisa membantu adik-adik yang pelajarannya tertinggal ataupun yang mengalami kesulitan memahami pelajaran yang diperolehnya melalui pembelajaran secara daring ataupun belajar mandiri di rumah masing-masing,” tutur mahasiswa yang akrab dipanggil Aldi selaku mahasiswa yang melaksanakan kegiatan KKN.

Dalam kegiatan KKN yang telah dilaksanakan selama 12 hari, Aldi melaksanakan beberapa program kerja yang salah satunya adalah kegiatan pendampingan belajar siswa Sekolah. Meskipun kegiatan ini dilakukan dengan cara tatap muka, Aldi tetap melaksanakannya dengan menerapkan protokol kesehatan agar para siswa juga bisa termotivasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Tujuan Aldi melaksanakan kegiatan ini adalah mengurangi beban masyarakat dalam hal pendidikan anak di massa pandemi Covid-19, menumbuhkan kembali semangat belajar anak dengan sistem Daring dan memfalisitasi belajar diluar sekolah dengan dilengkapi protokol kesehatan. Dengan dilakukannya kegiatan pendampingan belajar ini diharapkan para siswa lebih memahami mata pelajaran yang sebelumnya tidak dimengerti, sehingga kedepannya lebih mudah dalam melanjutkan mata pelajaran yang akan diajarkan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Kedepan Guru Tak Lagi Masuk Formasi CPNS tapi PPPK

Next Post

Resmi, Presiden Jokowi Teken PP Kebiri Predator Seksual Anak

Related Posts