Metode Bercerita Jadi Alternatif Pembelajaran Al Quran

Shofy Maulidya Fatihah
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang saat melakukan pembelajaran Al Quran dengan metode cerita

Wartacakrawala.com – Dalam melaksanakan kegiatan individu KKN MIT DR 11 UIN Walisongo Semarang, Muhaemin anggota KKN MIT DR ke 11 menerapkan kegiatan pembelajaran bersama anak-anak dengan metode bercerita di sekitar perumahan Rt 4 Rw 5 Kelurahan Banbankerep Kecamatan angalian Kota Semarang Jawa Tengah.

Dalam pelaksanaan kegiatanya, ia membantu mengajar membaca Al-Qur’an meng hafal zuz Amma juga dengan metode baru bercerita. Usia anak-anak yang mengikuti kegiatan belajar ini yaitu rata-rata anak SD di uisia 4-11 tahun.

Selain itu, kegiatan belajar mengajar ini juga di lakukan dengan mengikuti protokol kesehatan. Materi yang ia ajarkan kepada anak-anak yaitu berupa pengenalan huruf hija iyah dan Asmaul-Husna pada anak di usia 4 tahun.

“Pembacaan al-qur’an juga menerapkan pembelajaran dengan metode bercerita,agar anak-anak tidak merasa bosen dengan belajar materi saja,” papar muhaemin.

Baca juga: Gandeng PMI, Mahasiswa Gerakkan Donor Darah di Gunug Pati

Aktivitas ini dilakukan karena melihat di ruang lingkup belajar mengajar terlihat anak-anak lebih milih bermain daripada belajar. Hal ini terjadi karena masih belom bisa melakukan kegiatan belajar mengajar.

“karena situasi covid 19 ini dan wilayah kota Semarang sendiri masih menerapkan PSBB. Maka dari itu saya sebagai mahasiswa yang sedang mengikuti KKN MIT DR 11UIN Walisongo semarang ingin membantu mereka untuk tetap bisa belajar dan melakukan kegiatan bermanfaat sambil menerapkan metode pembelajaran dengan bercerita yang bermanfaat dan juga respon dari orang tua ank-anak tersebut sangat mendukung saya untuk melakukan kegiatan ini,”pungkasnya.

Harapanya, ilmu yang sudah saya ajarkan meskipun sedikit dapat bermanfaat di kalangan rumahnya dan lebih mengenal dengan sejarah dalam cerita yang saya sampaikan,selain iytu bisa membantu mengembalikan semangat anak untuk semngat belajar. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Gandeng PMI, Mahasiswa Gerakkan Donor Darah di Gunung Pati

Next Post

Josep R.Biden,Jr. Usia 78 Tahun Pimpin AS

Related Posts