Mahasiswa UIN Walisongo Adakan Baksos Bekam dan Totok Wajah

Luluk Mukarromah
Mahasiswa UIN Walisongo saat lakukan bakti sosial
Mahasiswa UIN Walisongo saat lakukan bakti sosial

Wartacakrawala.com – Mahasiswa kkn mit dr angkatan k 11 kelompk 72 uin walisongo semarang mengadakan bakti sosial bekam dan totok wajah kepada warga di daerah Dusun Pucung Kec. Grabak kabupaten Magelang Jawa Tengah.

Tim KKN MIT DR angkatan ke 11 kelompok 72 Uin Walisongo semarang memberikan kesempatan kepada bapak /ibu warga dusun pucung untuk mengadakan pengobatan bekam gratis yang di laksanakan pada pukul 13.00-15.00 di kediaman Pak Bayan selaku kepala dusun yang terletak di Dusun pucung Kec. Grabak Kab. Magelang Jawa Tengah, Sabtu (06/02).

Bekam merupakan salah satu terapi yang sudah ada sejak zaman Nabi,bekam merupakan pengobatan tibun nabawai (pengobatan yang disarankan oleh nabi / disunahkan) yang termasuk pengobatan tradisional.

Bekam yang dilakukan memiliki 2 jenis yaitu bekam kering dan bekam basah,bekam basah dilakukan dengan cara mengeluarkan darah kental yang mengandung toxin/racun melalui darah kotor yang kebanyakan dilakukan kepada bapak-bapak dan di anjurkan setiap sebulan sekali, sedangkan bekam kering menyedot permukaan punggung manusia sehingga menyebakan pori-pori terbuka di karenakan jika perempuan sudah mengeluarkan darah kotor melalui menstruasinya setiap sebulan sekali.

Baca juga: Tim KKN Uin Walisongo Bantu Pasarkan Usaha Tempe Terdampak Pandemi

Cara bekam dengan menyedot kulit punggung dengan kurang lebih 6-9 cup untuk menampung darah kotor.
Manfaat dari melakukan bekam yaitu mengurangi berbagai macam penyakit termasuk masuk angin,rematik,darah tinggi,menghilangkan rasa nyeri ditubuh,migrain,kecemasan dan depresi.

Sedangakn yang tidak diperkenankan itu melakukan bekam yaitu warga yang memiliki riwayat penyakit Anemia atau darah rendah,penyakit gula dan hepatitis.
Pak bayan mengatakan sangat senang kedatangan tim kkn mit dr ke 11 kelompok 72 sudah mengadakan bakti sosial bekam kepada warganya, setelah di bekam badan menjadi enteng ujar pak bayan.

Tim kkn mit dr ke 11 kelompok 72 juga mengadakan bakti sosial totok wajah bersamaan waktunya dengan bekam.
Totok wajah yang di lakukan untuk melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan sakit kepala yang lebih penting lagi membuat wajah tampak lebih awet muda dan menunda timbulnya kerutan di sekitar wajah .

Manfaat yang ditimbulkan dari totok wajah membuat ibu-ibu tertarik dalam melakukannya.yang di butuhkan dalam totok wajah hanyalah minyak zaitun dan pijatan dari area dagu menuju kepala dan leher.

“Saya sangat senang ada bakti sosial totok wajah pada ibu-ibu karena ini pertama kalinya yang saya rasakan agar saya nampak lebih awet muda ,besok besok datang kesini lagi untuk mengadakan totok wajah pada ibu-ibu,” ujar Aroh.

Harapan dari kegiatan ini semoga bekam dan totok wajah bisa bermanfaat buat semua orang dan bisa menyebar luas ke penjuru Dunia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Mahasiswa KKN UIN Walisongo bantu pemasaran tempe

Tim KKN Uin Walisongo Bantu Pasarkan Usaha Tempe Terdampak Pandemi

Next Post
Mahasiswa KKN MIT DR 11 Kelompok 62 UIN Walisongo mengadakan sosialisasi peduli lingkungan

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Sosialisasikan Gerakan Peduli Lingkungan

Related Posts