Tim KKN 07 Uin Walisongo Lakukan Sosialisasi Kesehatan

Avatar
Mahasiswa KKN UIN Walisongo mengadakan sosialisasi terkait Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Gizi untuk pekerja
Mahasiswa KKN UIN Walisongo mengadakan sosialisasi terkait Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Gizi untuk pekerja

Wartacakrawala.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) Kelompok 07 Tahun 2021 UIN Walisongo Semarang mengadakan sosialisasi terkait Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) dan Gizi untuk pekerja serta Pembagian Handsanitizer dalam kegiatan rutin bulanan Pos UKK Mekar Jaya yang bertempat di rumah Bapak Sumarno Desa Karanganyar, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 29 Januari 2021 pukul 08.30.

Sumarno selaku tuan rumah menyebutkan bahwa yang akan hadir dalam kegiatan pos UKK adalah para anggota, tenaga kesehatan dari Puskesmas Welahan 2, petinggi Desa Karanganyar, dan Mahasiswa KKN kelompok 07 UIN Walisongo.

Kegiatan POS UKK (Usaha Kesehatan Kerja) sendiri merupakan bentuk kepedulian terhadap para pekerja di Desa Karanganyar yang mayoritas penduduknya sebagai pengrajin mainan tradisional, yang setiap harinya selalu bersinggungan langsung dengan bahan-bahan kimia seperti penyemprotan cat, lem, kemudian menggunakan alat tajam yang berpotensi melukai para pengrajin jika tidak memakai alat pelindung diri atau APD dalam melakukan pekerjaannya.

Tujuan diadakan kegiatan POS UKK tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan para pekerja akan pentingnya menjaga Kesehatan Keselamatan Kerja dan pola makan untuk memenuhi Kebutuhan gizi setiap harinya.

Baca juga: Hidroponik, Solusi Tanam Sayuran Bersih dan Sehat

Selain adanya pemberian sosialisasi, dalam kegiatan tersebut juga melakukan pengecekan kesehatan berupa penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran tekanan darah, dan status gizi setiap anggotanya.

Setelah itu, ada pembagian Handsanitizer oleh kelompok 07 KKN MIT DR UIN Walisongo Semarang kepada para anggota Pos UKK.

Lisa selaku Mahasiswi KKN menuturkan bahwa pada saat pengecekan status gizi, para anggota sangat antusias untuk melewati beberapa tahap seperti penimbangan berat badan dan tinggi badan terlebih dahulu, baru kemudian dilakukan pengecekan status gizi, selain itu mereka juga dapat mengetahui lemak viseral atau lemak perut dengan menggunakan alat BIA atau Bioelectrical Imedance Analysis.

Situasi masih dalam keadaan Pandemi Covid 19, sehingga Tim KKN MIT DR Kelompok 07 berinisiatif membagikan Handsanitizer kepada para anggota Pos UKK, supaya mereka tetap menjaga dan melindungi diri dari bahaya virus tersebut.

Semangat dan antusias mereka dalam mengikuti acara Pos UKK membuat Tim KKN UIN Walisongo merasa puas, dengan begitu semoga dapat memberikan edukasi dan peningkatan kualitas kesehatan para anggota. Supaya dalam melakukan pekerjaannya sebagai pengrajin mainan tradisional dapat dilakukan lebih maksimal dan berkembang lebih lagi. Meskipun pandemi masih mengintai, namun totalitas dalam bekerja harus senantiasa meningkat dengan tetap menaati himbauan protokol kesehatan oleh Pemerintah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) DR Angkatan ke 11 ikut serta dalam mengenal tanaman hidroponik

Hidroponik, Solusi Tanam Sayuran Bersih dan Sehat

Next Post
Suasana webinar bertajuk "Siapkan Gizi Penting dan Kesiapan Mental Sebelum Vaksinasi Covid-19"

Mahasiswa UIN Walisongo Masifkan Edukasi Vaksinasi

Related Posts