Ini Dia Teknik Pemasaran Olahan Ubi Jalar

Avatar
kelompok 6 KKN-T UNIRA Malang mengadakan workshop pemasaran produk olahan ubi jalar
kelompok 6 KKN-T UNIRA Malang mengadakan workshop pemasaran produk olahan ubi jalar

Wartacakrawala.com – kelompok 6 KKN-T UNIRA Malang mengadakan workshop pemasaran produk olahan ubi jalar pada masa pandemi untuk masyarakat Dusun Segelan, Desa Balesari, Ngajum Malang, Senin (08/02).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh kelompok tani dan tokoh masyarakat Dusun Segelan. Dengan diadakannya workshop ini, mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Selain memang belum pernah ada pelatihan semacam ini, masyarakat juga merasa terbantu memecahkan beberapa kesulitan pemasaran pada masa pandemi ini.

Seperti menurut ibu Rodhiyah, “Di sini belum pernah diadakan pelatihan pemasaran seperti ini. Dan dari materi yang di sampaikan sangat membantu untuk peningkatan penjualan kedepannya,” paparnya.

Baca juga: Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berbagi Masker

Workshop ini disampaikan oleh M. Yusuf Azwar Anas, SE., MM, selaku salah satu dosen Universitas Raden Rahmat Malang. Bersama dengan Dr. Zainal Abidin M.Si., selaku dosen pembimbing KKN kelompok 6.

Tujuan adanya workshop ini yakni untuk mengenalkan pada masyarakat Desa Segelan tentang cara menjual dan menemukan klien penjualan, menyusun strategi penjualan, meningkatkan hasil tani, mengetahui sasaran konsumen yang dituju, cara menjual dalam bentuk olahan atau umbi segar dan mengenalkan berbagai jenis-jenis produk olahan ubi jalar. Mulai dari ceriping ketela, bolu, gorengan, klepon, stik, donat, bakpao, dll. Sedangkan untuk strategi promosi, bisa melalui media sosial, mini event, dan pengembangan ide.

Berdasarkan hasil angket yang disebarkan pada acara workshop tersebut, salah satu peserta workshop menjelaskan bahwa, “Di Dusun sini (Segelan) beberapa sudah menjual dalam bentuk produk olahan carangmas dan keripik. Untuk lainnya hanya dijual dalam bentuk umbi segar,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Mahasiswa KKN MIT DR-XDR-XI UIN Walisongo Semarang membagikan masker kepada masyarakat

Cegah Covid-19, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Berbagi Masker

Next Post
Istighosah dan doa bersama yang digelar oleh mahasiswa Uin Walisongo

Istighosah dan Doa Bersama untuk Korban Bencana

Related Posts