UMM Berikan Pelatihan Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi

Shofy Maulidya Fatihah
Pelatihan keterampilan dan pengelolahan informasi yang diprogramkan PMM UMM
Pelatihan keterampilan dan pengelolahan informasi yang diprogramkan PMM UMM

Wartacakrawala.com – Kegiatan pengabdian kepada masyarakat rutin dilaksanakan tiap tahun oleh mahasiswa maupun dosen Universitas Muhammadiyah Malang dengan dukungan dari Departemen Penelitian Pengabdian Masyarakat (DPPM) UMM.

Pada Bulan September 2020, telah dilaksanakan pelatihan keterampilan komputer dan pengolahan informasi yang dihadiri oleh SMK Muhammadiyah 9 Wagir dan MA Muhammadiyah 1 Plus Malang. Masing –masing sekolah diwakili oleh 2 guru bidang studi informatika.

Kegiatan dikoordinir oleh Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMM, Annisa dan juga Manasya. Pelatihan dilakukan selama 3 hari yang dimulai dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 12:00 WIB. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui ruang virtual untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Potret Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Ala Mahasiswa PMM UMM

Materi pelatihan terdiri dari Aplikasi Komputer (Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point), Sistem Jaringan Komputer dan Praktikum Jaringan Komputer.

Pemateri pada pelatihan ini adalah dosen Prodi Pendidikan Matematika UMM dan dosen Prodi Teknik Informatika UMM.

Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Diskusi dan Tanya jawab aktif dilakukan pemateri dan peserta yang menunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan dan pengolahan informasi.

Guru sekolah mitra merasa terbantu dan mendapat tambahan ilmu dalam memaksimalkan penggunaan aplikasi Microsoft, terutama Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint.

Kegiatan pelatihan keterampilan komputer dan pengolahan informasi ini dibimbing oleh dosen Tim Pengabdian yang beranggotakan: Octavina Rizky Utami Putri, M.Pd, Minatun Nadlifah, M.Pd dan Zukhrufurrohmah, M.Pd.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan peluang lebih kepada sekolah mitra untuk memberikan bekal kemampuan keterampilan komputer dan pengolahan informasi kepada siswanya, sehingga dapat bersaing dan meningkatkan kemampuan literasi digital siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Diyaul Hakki dan Muhammaf Afnani Alifian, Capres dan Cawapres mahasiswa UNISMA

Simak Penjelasan Visi Misi Calon Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Unisma No Urut 2  

Next Post
Pendampingan belajar yang dilakukan mahasiswa PMM UMM

Mahasiswa UMM Melakukan Pendampingan Belajar di TPQ Baiturrahman

Related Posts