Galakkan Go Green, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Ajak Ibu PKK Menanam Pucuk Merah

Avatar
Mahasiswa KKN UIN Walisongo melakukan penanaman pucuk merah
Mahasiswa KKN UIN Walisongo melakukan penanaman pucuk merah

Wartacakrawala.com – Mahasiswa KKN Reguler UIN Walisongo Semarang Angkatan 77 Kelompok 57 bersama Ibu-Ibu PKK Desa Cibentang Dukuh Cimerak Kec. Bantarkawung melakukan penanaman pucuk merah di lingkungan sekitar Desa Cibentang, Jumat (29/10).

Sebagai kampus yang berkomitmen pada peningkatan kualitas lingkungan, menjadikan Go Green sebagai salah satu program kerja utama mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang.

Dalam kesempatan ini, mahasiswa KKN kelompok 57 memilih penanaman pucuk merah sebagai bentuk penghijauan di tengah pemukiman desa.

Menurut Koordinator Kelompok 57, Neli Syihatun Fitria alasan mereka memilih menanam pucuk merah karena keindahan tananam tersebut sehingga sangat cocok dengan program Go Green dan juga harganya yang ekonomis.

Baca juga: Perpustakaan Anggrek Bulan Jadi Jendela Dunia untuk Mencerdaskan Masyarakat

“Alasan kami memilih penanaman pucuk merah ialah karena pertama keindahannya, kedua perawatannya yang mudah, dan ketiga harga bibitnya yang ekonomis sehingga penanamannya pun dapat dengan mudah diikuti oleh warga Desa Cibentang,” ujarnya.

Pucuk merah merupakan tanaman yang kaya akan manfaat. Tak hanya berperan sebagai tanaman hias yang mampu mempercantik lingkungan, pucuk merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan salah satunya berkat keberadaan kandungan senyawa polifenol pada bagian daun yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres dan mampu melindungi sel beta pankreas akibat efek radikal bebas yang sangat berbahaya.
Selain itu, terdapat pula kandungan flavonoid pada tanaman pucuk merah yang secara efektif dapat mencegah penyakit diabetes dan komplikasinya.

Dibanding tanaman hias lainnya, tanaman pucuk merah juga memiliki kemampuan lebih besar untuk menyerap karbon dioksida. Dengan begitu dapat meningkatkan kadar oksigen dan menciptakan lingkungan yang sehat.

Dalam hal ini, mahasiswa KKN bersama Ibu-Ibu PKK menanam sebanyak 9 bibit pucuk merah. 9 bibit tersebut melambangkan ke 9 Walisongo yang mana sebagai identitas mereka sebagai mahasiswa KKN dari UIN Walisongo.

Ketua PKK Desa Cibentang, Nur  menyambut baik program yang diadakan mahasiswa KKN ini. Sebelumnya Ibu-Ibu PKK Desa Cibentang juga memiliki program kerja yang sama namun belum sempat terlaksana.

“Saya sangat menyambut baik program mereka. Dengan adanya mahasiswa KKN UIN Walisongo, kami merasa terbantu sekali. Karena dahulu kami juga punya program kerja penanaman, namun belum terlaksana,” terangnya. (*)

*Penulis: Saibatul Aslamiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Perpustakaan Anggrek Bulan Candimulyo

Perpustakaan Anggrek Bulan Jadi Jendela Dunia untuk Mencerdaskan Masyarakat

Next Post
persiapan lomba desa oleh mahasiswa KKN UIN Walisongo

Persiapkan Lomba Desa, KKN UIN Walisongo Membantu PKK Desa Jambu Timur

Related Posts