Cegah Covid-19, Mahasiswa UIN Walisongo Pasang Pesan Sehat melalui Poster 5M+1V+1D

Avatar
Mahasiswa KKN UIN Walisongo saat menempelkan poster kesehatan

Wartacakrawala.com – Pendemi virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Sebagian besar orang yang tertular COVID-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus.

Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis.

Tim KKN Reguler Dari Rumah (RDR ) Ke – 77 Kelompok 54 UIN Walisongo Semarang melakukan kegiatan penempelan Poster.

Poster ini dalam bentuk imbauan pencegahan COVID-19 di Desa Pekonina Pekonina blok 0 Kabupaten Solok Selatan Sumbar, Senin (08/11).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar warga Desa Pekonina peduli akan adanya COVID-19 yang sedang terjadi.

Menurut Elie Wiesel seorang penulis dan aktivis politik pernah mengatakan bahwa lawan dari cinta bukanlah kebencian, melainkan ketidakpedulian.

Ketidak pedulian ini pula yang menjadi salah satu alasan mengapa jumlah penderita COVID-19 terus bertambah.

Baca juga: Peran Mahasiswa UIN Walisongo dalam Upaya Vaksinasi di Desa Losari

“Saya merasa senang dengan adanya inisiatif dan bantuan dari Adik-adik KKN RDR ke 77 UIN Walisongo Semarang Kelompok 54 yang melakukan kegiatan pemasangan Poster himbauan di sekitar lingkungan Desa Pekonina, walau Desa Pekonina sudah menjadi Zona hijau tetapi Prokes dan kepedulian tentang COVID harus tetap di pertahankan. Dan semoga dengan adanya pemasangan poster himbauan ini membuat masyarakat di Desa Pekonina selalu peduli dengan perlindungan diri dari COVID-19,” Ujar Istori selaku Kepala Desa Pekonina.

Tak hanya itu, salah satu warga mengatakan, poster himbauan yang di tempel oleh mahasiswa KKN dari kelompok 54 ini sangat bermanfaat dan berguna.

“Kami para masyarakat jadi tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk perlindungan diri dari COVID-19, ya walau sebelum nya sudah ada beberapa yang diketahui, tetapi setelah adanya poster himbauan ini pengetahaun kami para masyarakat menjadi lebih luas dan banyak,” paparnya.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahan COVID-19 yaitu Selalu jaga jarak aman dari orang lain (minimal 1 meter), meskipun mereka tidak tampak sakit.

Kenakan masker di ruang publik, terutama di dalam ruangan atau jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan. Cuci tangan secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.

Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas/interaksi, Ikuti vaksinasi. Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan atau tisu. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

Selain hal tersebut, menerapkan pola makan sehat, Cukup mengonsumsi air, Istirahat yang cukup.

“Olahraga dan berfikir positif, juga perlu kita lakukan umtuk menjaga daya tahan tubuh kita tetap terjaga dan kuat,” terang Ike salah satu anggota kelompok 54.

Terakhir, Koordinator KKN RDR 77 Kelompok 54 Vira Septiana mengungkapkan, tujuan kegiatan pemasangan poster imbauan ini adalah agar masyarakat menjaga kesehatan tubuh dan menerapakan protokol kesehatan di dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain dari itu wabah COVID-19 mengajarkan kepada kita agar selalu senantiasa mencuci tangan, menjaga kebersihan, baik kebersihan badan, tempat tinggal maupun lingkungan sekitar,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Peran Mahasiswa UIN Walisongo dalam Upaya Vaksinasi di Desa Losari

Next Post

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Ekonomi Masyarakat

Related Posts