Tingkatkan Kualitas Produk, Mahasiswa KKN-T Unira Malang Lakukan Branding UMKM

Avatar
Mahasiswa kknt Unira melakukan branding umkm
Mahasiswa kknt Unira melakukan branding umkm

Wartacakrawala.com – Pisang merupakan salah satu  hasil bumi yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Desa Sumberejo Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Banyaknya pisang yang ada di daerah tersebut, membuat warga berinisiatif untuk mengolah pisang menjadi cemilan salah satunya yaitu kripik pisang.

Menurut Saiful, selaku salah satu pemilik  usaha kripik pisang “Tiga Putri” mengemukakan bahwa, jenis pisang yang paling sering digunakan dalam bahan baku utama kripik pisang berupa pisang raja nangka dan pisang candi dengan dua varian rasa yaitu: rasa original dan rasa manis.

Dalam usahanya ini saiful membuat kripik pisang melalui berbagai proses alami tanpa menggunakan bahan kimiawi sehingga, keripik pisang yang dihasilkan memiliki tekstur dan citarasa enak, berkualitas, serta higienis hingga tiba di tangan konsumen.

Baca juga: Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unira Gelar Workshop Pengelolaan Sampah

Melalui Program Pemberdayaan Keterampilan dan Kreativitas Masyarakat, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Raden Rahmat (KKN UNIRA) bersama UMKM Keripik Pisang “Tiga Putri” memberikan konstribusi tambahan dan luaran nyata.

Mahasiswa memberikan Kontribusi berupa manajemen pengemasan, integratisitas pemasaran dan pembuatan kripik pisang varian coklat sehingga menghasilkan citarasa, tekstur yang lebih renyah, nikmat, lezat, dan lebih ringan di mulut.

Program ini turut berpartisipasi dalam pemasaran produk UMKM Keripik Pisang sehingga sektor perdagangan dan jaringan penjualan semakin luas melalui platform Sosial Media Instagram, WhatsApp, dan Facebook.

Kegiatan ini didampingi oleh Ilma Fahmi Aziza, M.Pd.I selaku dosen pembimbing lapangan kelompok 15.

Saipul menambahkan bahwasanya permintaan dan minat masyarakat terhadap Keripik Pisang “Tiga Putri” semakin meningkat pasca pengimplementasian Program Pemberdayaan Keterampilan dan Kreativitas Masyarakat yang dilaksanakan bersama Mahasiswa KKN-T 15 Unira Malang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Mahasiswa Unira usai menggelar workshop pengelolaan sampah

Peduli Lingkungan, Mahasiswa Unira Gelar Workshop Pengelolaan Sampah

Next Post
Ilustrasi tidak adanya akses internet di Desa Saobi Sumenep

Tak ada Akses Internet, Warga Saobi Harap Pemerintah Bangun Tower Telekomunikasi

Related Posts