Mahasiswa Umm Hadirkan Inovasi Dodol Buah Naga, Tingkatkan Nilai Jual Hasil Pertanian

Avatar
Proses syuting pembuatan dodol buah naga di Dusun Curahjati oleh mahasiswa Pmm Umm

Wartacakrawala.com – Dusun Curahjati adalah salah satu dusun yang mayoritas masyarakatnya berprofesi sebagai petani, banyak masyarakat Dusun Curahjati memilih bertani buah naga karena perawatan yang mudah dan hasil panen yang cukup cepat

Namun, ketika produksi buah naga yang melimpah para petani kebingungan karena harga yang menurun dan hal itu menyebabkan potensial buah naga kurang maksimal. Rata rata buah naga yang dihasilkan hanya dijual secara langsung kepada pengepul.

Padahal buah naga dapat diolah menjadi olahan yang bernilai jual yaitu produk dodol buah naga. Seperti halnya Ibu Siti salah satu warga Dusun Curahjati yang pernah mengikuti pelatihan pengolahan buah naga.

Ibu Siti Maesaroh pembuat dodol buah naga

Pelatihan tersebut hanya diikuti oleh Sebagian masyarakat Dusun Curahjati, sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui pembuatan dodol buah naga, dan dodol yang dibuat oleh ibu Siti hanya dikonsumsi secara pribadi dan tidak diperjual belikan.

Baca juga: Gunakan Audio Visual, Mahasiswa Umm Kenalkan Hasil Panen Buah Naga di Curahjati

Oleh karena itu, mahasiswa PMM UMM melakukan sebuah inovasi dengan membuat sebuah video pendek yang bertujuan memperkenalkan pengeolahan dodol buah naga hasil tangan ibu siti, kepada masyarakat luas.

Pembuatan video pendek pengolahan dodol buah naga dilaksanakan pada tanggal 26-27 Februari 2022 yang diperankan oleh Ibu Siti sendiri. Pembuatan video meliputi pengupasan buah naga hingga pengemasan dodol buah naga.

Video pendek tersebut berdurasi 5 menit yang menjelaskan langkah-langkah pembuatan dodol buah naga dengan menggunakan voice over.

Tujuan diadakan proker tersebut adalah memberikan inovasi terhadap pengelolaan dodol buah naga sebagai salah satu potensi yang ada di Dusun Curahjati, Desa Grajakan. Kedepannya dapat bermanfaat bagi masyarakat Curahjati.

Berikut resep dodol buah naga
Bahan-Bahan :

  1. 3 Kg daging buah naga
  2. ½ kg tepung ketan sangrai
  3. 1 ½ kg gula
  4. 1 ½ santan kental
  5. Garam 3 sendok makan

Cara Membuat:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Proses syuting pembuatan video untuk mengenalkan hasil pertanian buah naga di Dusun Curahjati

Gunakan Audio Visual, Mahasiswa Umm Kenalkan Hasil Panen Buah Naga di Curahjati

Next Post
Mahasiswa pmm umm saat berkunjung dalam bazar UMKM di Kecamatan Munjungan

Potret Kunjungan Mahasiswa Umm dalam Bazar UMKM di Kecamatan Munjungan

Related Posts